Apa Itu Flip? Fitur, Kelebihan & Kekurangan 2020

Apa Itu Flip – Dompet digital semakin memudahkan transaksi orang di jaman modern saat ini. Tak heran apabila banyak bermunculan dompet digital baru dengan fitur menarik. Salah satunya adalah Flip dimana berfokus ke bidang transfer uang antar bank. Flip secara langsung bekerja sama dengan beberapa Bank ternama seperti BNI, BNI Syariah, CIMB, CIMB Syariah, Mandiri, Mandiri Syariah, BRI, BCA serta Muamalat.

Secara langsung pengguna dapat melakukan top up terlebih dahulu kemudian meneruskannya ke rekening tujuan. Flip berperan layaknya rekening Bank sehingga dapat diandalkan untuk berbagai transaksi perbankan. Terlebih pengguna dapat membuat transaksi selama 24 jam, namun pihak Flip akan meneruskannya pada jam layanan. Perlu diketahui bahwasannya jam operasional Flip mulai senin sampai sabtu pada 08.00-20.00 WIB.

Apabila transaksi dilakukan diluar jam kerja maka akan diproses pada jam kerja hari berikutnya. Penting untuk mengenal apa itu Flip karena konsumen bisa melakukan transfer antar bank secara gratis. Berbeda dengan transfer OVO ke rekening Bank yang akan dipotong biaya admin.

Tingkat keamanannya juga tak perlu diragukan karena sudah terdaftar di Bank Indonesia sehingga perpindahan uang akan aman. Penerima transfer tidak perlu memiliki akun Flip sehingga uang dapat diterima siapa saja. Terdapat juga bukti transaksi yang akan dikirimkan via email  atau dapat dilihat di aplikasi Flip sehingga akan lebih jelas informasinya.

Apa Itu Flip?

Apa Itu Flip

Memang cukup banyak kelebihan Flip yang dapat dinikmati oleh konsumen. Namun kalian juga perlu mempertimbangkan kekurangan Flip sebelum menggunakannya. Oleh akrena itu kami akan memberikan ulasan singkat seputar apa itu Flip beserta kegunaannya berikut ini.

Apa Itu Aplikasi Flip?

Flip merupakan adalah dompet digital yang digunakan untuk transfer antar bank gratis melalui aplikasi dan website. Secara langsung Flip dapat menghemat biaya pengiriman uang antar bank sehingga menguntungkan untuk digunakan. Flip dapat digunakan oleh pemilik smartphone Android dan iOS.

Fitur Flip

Fungsi Flip

  • Dapat melakukan transfer dari serta ke bank besar di Indonesia gratis.
  • Penerima uang tidak perlu mempunyai akun Flip.
  • Pengecekan setiap nomor rekening tujuan secara otomatis sehingga penerima akan tepat.
  • Flip akan mengirim bukti transaksi melalui aplikasi serta email.
  • Punya in app live chat untuk membantu konsumen menyelesaikan masalah.
  • Enkripsi data sensitif maupun memberi keamanan ganda.
  • Fitur PPOB guna isi pulsa serta kuota.
  • Mengantongi izin resmi dari Bank Indonesia.

Kelebihan Flip

Kelebihan Flip

1. Gratis Biaya Kirim Uang Antar Bank

Setelah tahu apa itu Flip maka kalian juga perlu mengetahui kelebihannya. Pertama adalah gratis kirim uang ke semua rekening alias dengan baiya Rp. 0. Berbeda pada rekening biasanya dimana dipotong biaya sebesar Rp. 6.500.

2. Rekening Penerima Tidak Diharuskan Punya Akun Flip

Kelebihan lainnya adalah tidak perlu punya akun Flip untuk menerima uang. Termasuk kedalam transaksi perbankan sehingga uang akan dikirimkan ke penerimanya dengan baik tanpa adanya masalah keamanan.

3. Terverifikasi Bank Indonesia

Jika sudah tahuapa itu Flip, paling penting keunggulannya adalah suidah terdaftar secara legal dan mengantongi nomor izin 18/196/DKP/68 dari Bank Indonesia. Jadi dijamin soal keamanan pengiriman maupun datanya bisa dipercaya.

Kekurangan Flip

Kekurangan Flip

1. Verifikasi Cukup Susah

Kelemahan dari Flip adalah proses verifikasi pembuatan akun yang cukup susah. Penguna wajib memberikan data akurat beserta dengan foto KTP, selfie serta foto ketika memegang KTP. Beberapa orang mengeluh sering gagal karena gambar tidak cocok, namun kasus ini cukup minor terjadi. Tak dipungkiri verifikasinya susah karena sudah jadi standar keamanan Bank Indonesia supaya Flip tetap dapat beroperasi.

2. Transfer Lebih Lambat

Proses pengiriman uang akan berlangsung dalam waktu 20 menit ataupun lebih. Biasanya terkirim atau tidaknya tergantung kepada antrian, namun apabila terjadi gangguan maka akan lebih lama. Jika konsumen membutuhkan pengiriman uang cepat kami sarankan menggunakan opsi Prioritas walau harus membayar senilai Rp. 2.500.

3. Transfer Terbatas Jam Kerja

Seperti kami jelaskan diatas, Flip memiliki jam kerja yaitu senin sampai sabtu pada pukul 08.00-20.00 WIB. Apabila diluar jam itu bahkan hari libur maka konsumen tetap harus menunggu sampai hari kerja berikutnya untuk diproses. m

Sesudah mengetahui apa itu Flip, kelebihan serta kekurangannya kalian bisa memutuskan untuk menggunakannya atau tidak. Memang gratisnya biaya admin jadi alasan banyak orang menggunakan Flip. Namun perlu diperhatikan pula benefit maupun kekurangan dari aplikasi ini.

Bagikan Artikel Ini

Tinggalkan komentar