4 Cara Bayar PDAM Lewat Paytren 2021 : Biaya & Denda Keterlambatan

Cara Bayar PDAM Lewat Paytren – Paytren merupakan salah satu aplikasi dompet digital yang banyak digunakan oleh masyarakat sekarang ini. Berbicara mengenai dompet digital, di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali aplikasi dompet digital. Dimana yang paling populer adalah Gopay, OVO, DANA, LinkAja, Paytren dan masih ada beberapa lagi yang lainnya. Penggunaan dompet digital memang sangat memberikan kemudahan dalam hal transaksi. Seperti bayar tagihan listrik, PDAM, BPJS Kesehatan, dan lainnya.

Melakukan pembayaran atau pembelian via Paytren juga akan mempermudah kita, terlebih bagi kalian yang mungkin memiliki kesibukan pada di setiap harinya. Membahas mengenai dompet digital, pada pertemuan kali ini sakudigital akan membahas mengenai Paytren, lebih tepatnya adalah membahas cara bayar PDAM lewat Paytren. Bayar PDAM merupakan kewajiban bagi setiap orang yang menggunakan fasilitas layanan pengadaan air bersih di rumahnya.

Selain dapat melakukan pembayaranlewat outlet-outlet rekanan PDAM, saat ini dengan adanya dompet digital sekelas Paytren, kalian bisa melakukan pembayaran kapanpun dan dimanapun lewat smartphone yang telah ter Install aplikasi Paytren. Aplikasi Paytren sendiri dapat diunduh secara gratis lewat App Store atau pun Play Store. Agar dapat menggunakan Paytren, kalian tentunya harus melakukan registrasi akun terlebih dahulu dengan menggunakan nomor HP aktif kalian.

Apabila registrasi berhasil, kalian bisa memanfaatkan aplikasi dompet digital ini untuk alat transaksi bayar tagihan PDAM, pembelian pulsa, paket data dan sebagainya. Perlu diketahui juga bahwa kalian juga harus mengecek apakah saldo Paytren mencukupi untuk melakukan transaksi bayar PDAM? Jika tidak, kalian bisa melakukan TOP UP PAYTREN terlebih dahulu melalui layanan ATM, internet banking, mobile banking dan lainnya. Baiklah daripada penasaran mengenai cara bayar PDAM lewat Paytren, kalian bisa langsung simak cara bayar tagihan PDAM lewat Paytren berikut ini.

Cara Bayar PDAM Lewat Paytren

Keunggulan Bayar PDAM Lewat Paytren

Sebelum ke pembahasan utama mengenai cara bayar PDAM lewat Paytren. Perlu diketahui juga bahwa pembayaran tagihan melalui Paytren memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pembayaran dapat dilakukan dengan mudah.
  • Biaya administrasi ringan.
  • Pembayaran dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun.
  • Kemudahan cek tagihan.

Itulah beberapa keunggulan melakukan pembayaran tagihan air atau bayar tagihan lainnya yang penting untuk diketahui, khususnya bagi kalian pengguna baru aplikasi Paytren ini.

Cara Bayar PDAM Lewat Paytren

Cara bayar PDAM lewat Paytren sebenarnya dapat dilakukan dengan sangat mudah. Hanya saja masih ada beberapa pengguna yang tidak mengetahui bagaimana caranya. Perlu diperhatikan lagi bahwa sebelum melakukan bayar PDAM, kalian pastikan terlebih dahulu apakah saldo Paytren mencukupi. Jika tidak, segera lakukan top up saldo Paytren tersebut. Untuk mengenai cara bayar tagihan air bersih lewat Paytren, langsung saja simak cara berikut ini.

Waktu yang dibutuhkan: 1 menit.

Bayar PDAM lewat Paytren dapat dilakukan dengan cepat, kalian hanya perlu membutuhkan waktu 1 menit. Lebih jelasnya langsung simak tata caranya di bawah ini.

  1. Buka Aplikasi Paytren

    Pertama kalian bisa masuk ke aplikasi Paytren di HP Android atau iPhone kalian.
    Buka Aplikasi Paytren 1

  2. Pilih Menu PDAM

    Di bagian halaman utama, pilih menu PDAM.
    Pilih Menu PDAM

  3. Masukkan Data Pembayaran

    Kemudian masukkan data pembayaran mulai dari nomor pelanggan dan juga daerah layanan.
    Masukkan Data Pembayaran

  4. Konfirmasi Pembayaran

    Nantinya akan muncul konfirmasi pembayaran. Pastikan semua data yang dimasukkansudah benar, jika sudah, klik bayar.
    Konfirmasi Pembayaran

Biaya Admin Bayar PDAM Lewat Paytren

Pada bagian konfirmasi bayar tagihan diatas, kalian bisa melihat nomor pelanggan, nama, lokasi layanan dan juga besaran biaya admin yang harus di bayarkan. Untuk biaya admin bayar tagihan air bersih lewat Paytren, kalian akan dikenakan biaya administrasi yang cukup ringan, yakni hanya Rp 3.000.

Jatuh Tempo Bayar Tagihan PDAM

Jatuh Tempo Bayar Tagihan PDAM

Sedangkan untuk informasi mengenai jatuh tempo pembayaran PDAM. Tagihan PDAM ini biasanya akan keluar di akhir atau awal bulan. Jatuh tempo pembayaran berkisar 20 hari setelah tagihan keluar atau lebih tepatnya pada tanggal 20 di setiap bulannya.. Apabila tagihan belum dibayar setelah jatuh tempo, maka tagihan akan di akumulasi kan ke bulan berikutnya. Jadi jangan kaget jika di bulan depan tagihan akan menjadi dobel.

Sanksi & Denda Keterlambatan Pembayaran PDAM

Kemudian mengenai sanksi dan juga denda keterlambatan pembayaran. Pihak PDAM sudah dipastikan akan memberikan sanksi dan juga denda bagi pelanggan yang telat melakukan pembayaran atau melebih batas jatuh tempo.

Sanksi Telat Bayar

  • Pembayaran akan di akumulasi kan ke bulan berikutnya.
  • Denda dengan besaran yang tidak sedikit.
  • Pemutusan sambungan PDAM.

Denda Telat Bayar

Rekening BerjalanDenda
Mulai Tgl. 21-31 untuk tunggakan bulan pertamaRekening <= Rp. 50.000Rp. 7.000
Rekening > Rp. 50.00015 % dari rekening
Mulai tanggal 1- bulan berikutnya dan seterusnyaRekening <= Rp. 50.000Rp. 10.000
Rekening > Rp. 50.00020 % dari rekening

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai cara bayar PDAM lewat Paytren yang dapat kalian simak diatas. Kami tekankan sekali lagi bahwa bayar PDAM wajib dilakukan sebelum jatuh tempo. Hal ini untuk menghindari denda serta sanksi yang diberikan kepada pelanggan telat bayar serta besaran denda yang tidak sedikit tentunya. Besaran denda di setiap wilayah juga berbeda-beda tergantung dengan kebijakan pihak PDAM. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat sakudigital.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Tinggalkan komentar