9 Cara Beli Token Listrik Lewat Paytren 2021 : Biaya & Nominal Pembelian

Cara Beli Token Listrik Lewat Paytren – Aplikasi dompet digital saat ini memang bisa dikatakan cukup banyak diminati oleh kalangan masyarakat. Dimana dengan menggunakan aplikasi ini, mereka dapat dengan mudah menggunakannya untuk melakukan berbagai macam transaksi, mulai dari pembelian, pembayaran tagihan, top up dan lain sebagainya. Nah berbicara mengenai dompet digital, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Paytren.

Untuk sebagai besar masyarakat pengguna dompet digital mungkin masih sedikit asing dengan aplikasi Paytren ini. Dimana LinkAja, Gopay, Ovo dan juga DANA menjadi deretan dompet digital paling banyak digunakan. Namun perlu diketahui bahwa Paytren ini juga memiliki beberapa keunggulan sarupa dengan 4 dompet digital tadi. Membahas mengenai Paytren, di pertemuan kali ini sakudigital.com akan memberikan informasi mengenai cara beli token listrik lewat Paytren.

Seperti sudah kita singgung sedikit diatas bahwa dengan menggunakan Paytren, kita dapat dengan mudah melakukan pembelian, salah satunya adalah pembelian token listrik maupun pembayaran tagihan listrik. Untuk cara beli token listrik lewat Paytren ini sangat mudah untuk dilakukan, bahkan bagi para pengguna baru, kalian hanya perlu melihat tutorial pembelian yang akan kami bahas kali ini jika masih bingung mengenai caranya.

Seperti halnya ketika melakukan TOP UP PAYTREN LEWAT BSI MOBILE, kalian juga akan dikenakan biaya admin jika membeli token listrik di aplikasi Paytren ini. Besaran biaya admin tersebut juga sangat ringan. Baiklah, daripada penasaran lebih baik langsung saja simak tutorial lengkap cara beli token listrik lewat Paytren berikut ini.

Cara Beli Token Listrik Lewat Paytren 1

Cara Beli Token Listrik Lewat Paytren

Perlu diketahui bahwa untuk melakukan pembeliaan token listrik melalui aplikasi Paytren. Kalian hanya perlu membutuhkan waktu kurang dari 1 menit. Namun perhatikan juga jika koneksi internet di daerah kalian stabil karena penggunaan Paytren membutuhkan koneksi internet. Jika semua telah terpenuhi, selanjutnya langsung saja simak tutorial beli token listrik di bawah ini.

Waktu yang dibutuhkan: 1 menit.

Mengenai tutorial di bawah kami juga akan memberikan gambar tutorial agar lebih mudah untuk memahaminya. Yuk, simak caranya berikut ini;

  1. Buka Aplikasi Paytren

    Langkah pertama yang dapat kalian adalah dengan masuk ke aplikasi Paytren di HP.
    Buka Aplikasi Paytren

  2. Pilih Menu PLN

    Kemudian di halaman utama, pilih menu PLN. Lebih jelasnya simak gambar di bawah untuk memudahkan proses.
    Pilih Menu PLN

  3. Masukkan Nomor Meter & Nominal Token

    Berikutnya masukkan nomor meter dengan lengkap dan benar serta pilih nominal pembelian token tersedia.
    Masukkan Nomor Meter Nominal Token

  4. Konfirmasi Pembelian

    Terakhir cek kembali apakah semua data-data sudah benar. Jika sudah, masukkan PIN Transkasi Paytren dan pembelian token selesai.
    Konfirmasi Pembelian

Pilihan Nominal Token Listrik di Aplikasi Paytren

Seperti halnya ketika melakukan pembelian token di Alfamart ataupun gerai rekanan PLN, kalian tentunya dapat memilih beberapa pilihan nominal token sesuai dengan kebutuhan. Paytren sendiri juga menyediakan beberapa pilihan nominal yang bisa dibeli sebagai berikut.

Nominal TokenHarga
20.000Rp 22.000
50.000Rp 52.000
100.000Rp 102.000
200.000Rp 202.000
500.000Rp 502.000
1.000.000Rp 1.002.000

Biaya Admin Beli Token Listrik Lewat Paytren

Adapun untuk soal biaya admin, pembelian token listrik lewat Paytren, kalian hanya akan dikenakan biaya admin murah, yakni Rp 2.000 saja. Besaran biaya admin tersebut lebih murah dibandingkan dengan biaya admin isi ulang saldo Paytren.

Cara Memasukkan Kode Token Listrik

Cara Memasukkan Kode Token Listrik

Setelah berhasil membeli token listrik di Paytren. Maka langkah berikutnya adalah memasukkan token tersebut ke meteran listrik di rumah. Cara memasukkan kode token ini juga cukup mudah, hanya saja masih ada beberapa yang belum mengetahui caranya.

Selain itu kerap terjadi gagal memasukkan kode karena salah pada saat input kode token kurang lengkap atau masalah teknisi lainnya. Nah untuk menghindari gagal memasukkan kode token ke meteran listrik, simak caranya berikut.

  1. Masukkan 20 angka kode token lalu tekan ENTER.
  2. Apabila layar menampilkan ACCEPT maka daya listrik kWh sudah berhasil ditambahkan sesuai token yang dibeli
  3. Dan jika layar menampilkan REJECT maka kode token yang dimasukkan salah
  4. Apabila terjadi kesalahan pada saat memasukkan kode token, tekan tombol BACKSPACE atau spasi untuk bisa menghapus kesalahan input kode token, lalu masukkan cek dan masukkan kembali kode token tersebut dengan lengkap.
  5. Selesai.

Bagi yang mungkin belum mengetahui cara memasukkan kode token listrik ke meteran. Alangkah baiknya jika kalian mengetahui lebih dulu bagian apa saja yang ada di meteran listrik tersebut. Pengetahuan ini diperlukan agar nantinya tidak salah dalam memasukkan kode token dan mengetahui solusi jika gagal memasukkan kode token tersebut.

Setiap merk meteran listrik di Indonesia memiliki bagian berbeda-beda. Untuk itu, kalian dapat mencari tahu melalui internet apa saja bagian-bagian yang terdapat di meteran merk Itron, Hexing, Star ataupun Actaris.

Bukan hanya itu saja, pengetahui mengenai indikator LED meteran listrik juga diperlukan. Ada 4 warna di indikator meteran listrik, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Warna HIJAU berarti Persediaan daya kWh masih banyak.
  • Warna KUNING berarti Persediaan daya kWh masih cukup banyak.
  • Warna MERAH berarti Persediaan daya kWh yang dimiliki hampir habis.
  • Warna MERAH BERKEDIP DAN ADA BUNYI berarti Persediaan kWh kritis dan harus segera diisi.

Keunggulan & Kekurangan Beli Token Listrik Lewat Paytren

Keunggulan dan Kekurangan Beli Token Listrik Lewat Paytren

Dan untuk keunggulan pembelian token listrik lewat Paytren, kalian dapat melakukan pembelian token kapan pun dan dimana pun. Dengan catatan, akses internet stabil dan saldo Paytren mencukupi untuk melakukan pembelian. Sedangkan untuk kekurangannya, kalian akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.000. Walaupun cukup ringan, namun masih ada beberapa tempat yang dapat kalian tuju untuk membeli token tanpa harus membayar biaya admin.

Nah itulah beberapa informasi lengkap mengenai cara beli token listrik lewat Paytren yang dapat kalian simak diatas. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang dapat sakudigital.com sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua.

Tinggalkan komentar